Senin, 21 Mei 2012

Silabus PAI SD Kelas VI Semester I


SILABUS
Lampiran 1
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   VI
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) : 1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5

Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5

1.   Siswa melafalkan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq secara klasikal, kelompok dan individu sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar, serta berlatih melafalkan  Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq dengan menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar.

1.   Membaca Surah Al Qadr

Tes lisan

Pelafalan












Lafalkan Surah Al Qadr dengan harakat dan makhraj yang benar! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl.6 NTR-Esis bab 1)


3 x 35 menit
























1.  Teks lafal Surah Al Qadr di karton atau papan tulis
2.   Buku tajwid
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 1
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
6.   Pengalaman guru


2.   Membaca Surah Al ‘Alaq ayat 1-5

Tes lisan

Pelafalan

Lafalkan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar!
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 6  NTR-Esis bab 1)



1.2 Mengartikan QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5














Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5


















1.   Siswa berlatih mengartikan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq berdasarkan bimbingan guru, serta melalui forum diskusi mengkaji kandungan dari Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5

1.   Mengartikan Surah Al Qadr







Tes lisan









Pemaknaan









Artikan Surah Al Qadr  dengan lengkap!


 6 x 35 menit
























1.    Teks lafal Surah Al Qadr dan Surah Al ‘Alaq berserta artinya pada karton
2.    Buku tajwid
3.    Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 1
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD Alquran
6.   Pengalaman guru























2.   Mengartikan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
 


3.   Menerapkan arti/ isi kandungan Surah Al Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5

Tes lisan




Tes tulis

Pemaknaan




Essay

Artikan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan lengkap!


Sebutkan isi pokok dari Surah Al Qadr berdasarkan arti dari keseluruhannya!

























SILABUS
Lampiran 2
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   VI
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah): 2. Meyakini adanya hari akhir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Menyebutkan nama-nama hari akhir

Iman kepada hari akhir

1. Melalui forum diskusi dan dan tanya jawab siswa mengemukakan pendapat tentang pengertian hari akhir, dan menyebutkan nama-nama hari akhir secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku refensi

1. Menjelaskan pengertian hari akhir


Tes tulis

Essay

Mengapa disebut hari akhir?



 3 x 35 menit



1. Tulisan nama-nama hari akhir di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 2
3. Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan materi bahan ajar
4. Kaset/CD tentang hari akhir
5. Pengalaman guru



2. Menyebutkan nama-nama hari akhir


Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan nama-nama hari akhir yang lain!

2.2 Menjelaskan tanda-tanda hari akhir

Iman kepada hari akhir

1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan tentang tanda-tanda hari akhir melalui forum diskusi, dan menyebutkan contoh tanda kejadian hari akhir secara berkelompok dan individu.

1. Menjelaskan tanda-tanda hari akhir



Tes tulis

Essay

Bagaimanakah gambaran tanda-tanda hari akhir yang telah dijelaskan dalam Alquran dan hadis Nabi?




 3 x 35 menit


1. Gambar peraga tentang kejadian hari akhir
2. Tulisan tanda-tanda hari akhir di karton
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 2
4. Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan materi bahan ajar
5. Kaset/CD tentang hari akhir
6. Pengalaman guru



2. Menyebutkan contoh  kejadian hari akhir








Tes tulis

Jawaban singkat

Apa yang dimaksud dengan  yaumul jaza’’?








SILABUS
Lampiran 3
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   VI
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Tarikh) : 3. Menceritakan kisah Abu Lahab , Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1 Menceritakan perilaku Musailamah Abu Jahal dan Abu Lahab

Kisah Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab

1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Abu Jahal dan Abu Lahab melalui forum diskusi dan tanya jawab, mengemukakan pendapat tentang kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW, serta menjelaskan kejahatan Abu Jahal terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi


1. Menjelaskan kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW

Tes tulis

Essay

Apa yang menyebabkan Abu Lahab beserta istrinya sangat benci kepada Rasulullah SAW?

 3 x 35 menit


1.   Teks kisah Abu Lahab
2.   Teks kisah Abu Jahal
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis bab 3
4.   Buku kisah-kisah Islami
5.   Kaset/CD kisah-kisah Islami
6.   Alquran (juz Amma)
7.   Pengalaman guru

2. Menjelaskan kejahatan Abu Jahal terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW

Tes tulis

Essay

Apa tujuan Abu Jahal berbuat jahat terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW?

3.2 Menceritakan perilaku Musailamah Ak Kazzab

Kisah Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab

1. Siswa menceritakan kisah Musailamah Al Kazzab dengan kebohongannya

Menjelaskan kejahatan Musailamah Al Kazzab terhadap Islam

Tes Tulis

Essay dan Pilihan Ganda

Lihat buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR Esis bab 3

3 x 35 menit


1.   Teks kisah Abu Lahab
2.   Teks kisah Abu Jahal
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis bab 3
4.   Buku kisah-kisah Islami
5.   Kaset/CD kisah-kisah Islami
6.   Alquran (juz Amma)
7.   Pengalaman guru






SILABUS
Lampiran 4
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   VI
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi (Akhlak): 4. Menghindari perilaku tercela


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal












Menghindari perilaku dengki dan sombong

1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan kedengkian Abu lahab dan Abu Jahal melalui forum diskusi dan tanya jawab, serta menyebutkan kerugian dari sifat dengki dalam praktik keseharian.

1. Menjelaskan kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal

Tes tulis

Essay

Bagaimanakah bentuk kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal terhadap Rasulullah SAW?

 3 x 35 menit


1. Teks kisah Abu Lahab
2. Teks kisah Abu Jahal
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6  NTR-Esis bab 4
 4.  Buku kisah-kisah Islami
5.  Kaset/CD kisah-kisah Islami
6.  Alquran (juz Amma)
7.  Pengalaman guru


2. Menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari

Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan bentuk kerugian yang ditimbulkan dari perilaku dengki?

4.1 Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kazzab













Menghindari perilaku bohong atau dusta

1. Siswa dapat menghindari perilaku sombong atau dusta dalam kehidupan sehari-hari

1. Menghindari perilaku bohong dan sombong dalam kehidupan sehari-hari

Tes tulis

Jawaban singkat

Berilah contoh bentuk kerugian yang ditimbulkan dari sifat sombong dan bohong?


1. Teks kisah Abu Lahab
2. Teks kisah Abu Jahal
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6  NTR-Esis bab 4
 4.  Buku kisah-kisah Islami
5.  Kaset/CD kisah-kisah Islami
6.  Alquran (juz Amma)
7.  Pengalaman guru



SILABUS
Lampiran 5
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   VI
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih): 5. Mengenal ibadah bulan Ramadan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadan




Ibadah di bulan Ramadan




1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan tentang pengertian salat tarawih di bulan Ramadan, ketentuan salat tarawih dan keutamaan dari ibadah salat tarawih melaui forum diskusi dan tanya jawab 


1.Mempraktikkan atau mengamalkan salat tarawih di bulan Ramadan

Tes tulis

Jawaban singkat

Berapa rakaat jumlah salat tarawih?

3 × 35 menit






1.    Tulisan tatacara salat tarawih dan witir
2.    Gambar peraga salat tarawih dan witir
3.    Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis bab 5
4.    Buku pengajaran salat
5.    Kaset/CD tentang tatacara salat tarawih dan witir
6.     Pengalaman guru









5.2  Melaksanakan tadarus Alquran

Ibadah di bulan Ramadan

1. Siswa mengemukakan pendapat  menjelaskan pengertian tadarus Alquran di bulan Ramadan, serta menyebutkan manfaat dari kegiatan tadarus Alquran secara klasikal, kelompok dan individu

1. Melaksanakan tadarus Alquran di bulan Ramadan

Tes tulis

 Jawaban singkat

Manfaat apa yang dapat dipetik dari ibadah tadarus Alquran?

3 x 35 menit

1.        Ayat Alquran atau hadis Nabi yang menjelaskan bahan ajar
2.        Buku Pendidikan agama Islam jilid 6 NTR-Esis
3.        Pengalaman guru
4.        Lingkungan sekitar








SILABUS
Lampiran 6
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   VI
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) : 6. Mengartikan surah pendek pilihan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13


1. Siswa melafalkan Surah Al  Maidah  ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13  secara klasikal, kelompok dan individu sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar, serta berlatih melafalkan  Surah Al  Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar.

1.Melafalkan kata  dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13




Tes lisan







Pelafalan







Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar! (lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD Jil 6 NTR-Esis)


3 x 35 menit


1. Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 di karton atau papan tulis
2.   Buku tajwid
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 6
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
6.   Pengalaman guru



2. Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13


Tes lisan



Pelafalan



Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan tajwid yang benar!


6.2  Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13


1. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 berdasarkan bimbingan guru, serta melalui forum diskusi mengkaji kandungan dari Surah Al Maidah  ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

1.  Mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13

Tes lisan

Pemaknaan

Artikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan lengkap!

6 x 35 menit


1.  Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 beserta artinya di karton atau papan tulis
2.   Buku tajwid
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 6
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
6.   Pengalaman guru




2. Menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

Tes tulis

Essay

Sebutkan isi pokok Surah Al Hujurat ayat 13!




SILABUS
Lampiran 7
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   VI
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah) : 7. Meyakini adanya Qada’ dan Qadar

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Menunjukkan contoh-contoh qada’ dan qadar

Iman terhadap qada’dan qadar

1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan tentang pengertian qada’ dan qadar melalui forum diskusi dan Tanya jawab, serta menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar secara individu.

1. Menjelaskan pengertian qada’dan qadar

Tes tulis

Essay

Apa yang kamu ketahui mengenai pengertian qada’ dan qadar?

 3 x 35 menit


1.        Ayat Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar
2.        Buku Pendidikan agama Islam jilid 6 NTR-Esis bab 7
3.        Pengalaman guru
4.        Lingkungan sekitar


2. Menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar

Tes tulis

Pilihan ganda

Ketentuan Allah terhadap hamba-Nya yang dapat berubah disebut…
a. Qada’
b. Qadar
c. Iman

3. Menyebutkan manfaat setia kawan


Tes tulis

Jawaban singkat

Apa saja manfaat yang dapat diambil dari perilaku setia kawan?


7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap qada’ dan qadar





Iman kepada qada’ dan qadar







1. Siswa menyebutkan cara meyakini adanya qada’ dan qadar, serta menyebutkan contoh sikap dari beriman kepada qada’ dan qadar berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi



1. Menyebutkan cara meyakini adanya qada’ dan qadar



Tes tulis








Jawaban singkat





Bagaimanakah menyikapi qada’ dan qadar Allah SWT?



 3 x 35 menit


1.      Ayat Alquran atau hadis Nabi yang  berkaitan dengan bahan ajar
2.        Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis bab 7
3.        Pengalaman guru
4.        Lingkungan sekitar





SILABUS
Lampiran 8
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   2
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Standar kompetensi (Tarikh) : 8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin










Kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar















1. Siswa menceritakan kembali kisah kaum Muhajirin, menjelaskan perjuangan kaum Muhajirin, serta menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin bersama Rasulullah SAW melalui forum diskusi dan tanya jawab berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi







1. Menjelaskan kisah perjuangan kaum Muhajirin

Tes tulis

Essay

Apa yang mendasari kaum Muahajirin hijrah dari kota Mekah?

 3 x 35 menit









1.        Teks kisah kaum Muhajirin
2.        Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis bab 8
3.        Buku kisah-kisah Islami
4.        Kaset/CD kisah-kisah Islami
5.        Alquran (juz amma)
6.        Pengalaman guru










2. Menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin


Tes tulis




Jawaban singkat




Bagaimana usaha kaum Muahajirin untuk melindungi Rasulullah SAW dari kejaran kafir Quraisy?





8.2   Menceritakan perjuangan kaum ansar









Kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar


1. Siswa menceritakan kembali kisah kaum Ansar, menjelaskan perjuangan kaum Ansar, serta menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar bersama kaum Muhajirin dan Rasulullah SAW melalui forum diskusi dan tanya jawab berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi


1. Menjelaskan kisah perjuangan kaum Ansar




Tes tulis






Essay







Bagaiman sambutan kaum Ansar terhadap Rasulullah SAW dan rombongannya ketika datang ke Madinah?



3 x 35 menit








1.     Teks kisah kaum Ansar
2.        Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis bab 8
3.        Buku kisah-kisah Islami
4.        Kaset/CD kisah-kisah Islami
5.        Alquran (juz amma)
6.       Pengalaman guru




2.  Menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar

Tes tulis

Jawaban singkat

Apa usaha yang dilakukan kaum Ansar untuk menciptakan ukhuwah Islamiyah dengan kaum Muhajirin?
SILABUS
Lampiran 9
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   VI
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Akhlak) : 9. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik

Membiasakan perilaku terpuji

1.Siswa mengungkapkan pendapat menjelaskan tentang kisah kegigihan perjuangan kaum Muahjirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik, menunujukkan usaha-usaha kegigihan kaum Muhajirin  dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik melalui forum diskusi dan Tanya jawab

1. Menjelaskan kisah kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik







Tes tulis

Essay

Jelaskan dengan singkat kisah hijrah Nabi bersama kaum Muhajirin dari kota Mekah!

 3 x 35 menit


1.     Teks kisah kaum Muhajirin
2.        Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis bab 9
3.        Buku kisah-kisah Islami
4.        Kaset/CD kisah-kisah Islami
5.        Alquran (juz amma)
6.       Pengalaman guru




2. Meneladani kegigihan usaha-usaha kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik

Tes tulis

Pilihan ganda

Kaum Muhajirin mendapat sambutan yang tidak baik ketika tiba di kota ...
a. Hijaz
b. Taif
c.Madinah
















SILABUS
Lampiran 10
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   2
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih) : 10. Mengetahui kewajiban zakat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

10.1 Menyebutkan macam-macam zakat



Hal Zakat






1. Siswa menegemukakan pendapat menjelaskan tentang pengertian zakat melalui forum diskusi, dan menyebutkan macam-macam zakat secara klasikal, kelompok dan individu

1. Menjelaskan pengertian zakat

Tes tulis

Essay

Apa yang kamu ketahui tentang definisi zakat?

 3 x 35 menit









1. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang menerangkan bahan ajar
2. Buku pendidikan Agama Islam jilid 3  NTR-Esis bab 10
4. Buku Fiqih
5. Pengalaman guru


2. Menyebutkan maca-macam zakat


Tes tulis




Jawaban singkat




Sebutkan macam-macam zakat yang telah kamu pelajari!

10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah








Hal zakat

1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan definisi zakat fitrah melalui forum diskusi dan tanya jawab, menyebutkan ketentuan zakat fitrah, dan menyebutkan manfaat zakat fitrah.

1. Menjelaskan pengertian zakat fitrah

Tes tulis



Essay

Jelaskan definisi zakat fitrah menurut syariat Islam!

3 x 35 menit








1. Tulisan tentang ketentuan zakat  fitrah di karton
2. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar
3. buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis bab 10
4. Buku Fiqih
5.  Pengalaman guru


2.  Menyebutkan ketentuan zakat fitrah

3. Melaksanakan zakat fitrah



4. Menyebutkan manfaat zakat fitrah




Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis

Jawaban singkat



Pilihan ganda




Jawaban singkat

Berapa ukuran wajib zakat fitrah dikeluarkan?

Kapankah waktu yang disunahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah?

Sebutkan dua manfaat dari mengeluarkan zakat fitrah!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar